KB-TK Laboratorium Pedagogia hari ini (Jumat, 19/8/2022) berkesempatan mengunjungi Museum Benteng Vredeburg. Kegiatan outing class kali ini diikuti oleh semua anak-anak kelas Nakula, Sadewa, Kresna, Arjuna, Bima dan Yudhistira. Kegiatan kunjungan ini diharapkan dapat menjadi media untuk anak bereksplorasi dan mengenal bangunan bersejarah di Yogyakarta.


Anak-anak datang ke Benteng Vredeburg dengan diantar oleh orangtua/ walinya. Kegiatan awal berupa doa dan pemberian pijakan oleh guru dilaksanakan di taman depan Benteng Vredeburg. Dengan didampingi oleh pemandu dari pihak museum, anak-anak kemudian diajak untuk melihat beberapa diorama yang menceritakan sejarah Indonesia. Anak-anak juga diajak masuk ke ruang studio mini untuk menonton video animasi yang sangat menarik tentang Benteng Vredeburg sambil beristirahat sebelum melanjutkan kunjungan ke ruang lainnya. Kunjungan terakhir, anak-anak diajak untuk berkegiatan mewarnai gambar berbagai profesi. Gambar yang telah diwarnai anak-anak kemudian di scan agar bisa muncul pada layar LCD berupa gambar yang bisa bergerak-gerak. Anak-anak nampak senang gembira saat hasil karyanya muncul pada layar. Kegiatan diakhiri dengan berdoa pulang bersama dipimpin oleh guru.

Anak-anak menunjukkan kegembiraannya setelah mengunjungi Benteng Vredeburg. Pengetauan awal yang didapat anak selama berkunjung, nantinya menjadi topik yang akan dibahas dan berkegiatan di dalam kelas. (Ldm)

Kategori Berita