Pawai Andong Hias digelar oleh KB-TK Laboratorium Pedagogia FIP UNY pada Jum’at pagi (12/8/2022) untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia ke-77. Sebanyak 19 andong telah dihias dengan beraneka macam oleh para orangtua siswa. Pawai diikuti anak-anak kelompok bermain dan taman kanak-kanak sebanyak 87 siswa. Rute yang diambil melintasi Jalan Bantul, Jalan Suryodiningratan, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan MT Haryono, Yogyakarta.

ANDONG

 

Besar antusias anak-anak dan para orangtua dalam mempersiapkan dan melaksanakan pawai andong ini yang sudah jarang ditemui dan digunakan bertransportasi sehari-hari. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk jiwa nasionalisme anak, mengenalkan alat transportasi andong, mengenalkan profesi kurir, mengenalkan binatang kuda, dan mengenalkan lingkungan sekitar sekolah kepada anak secara langsung. Pengenalan kebudayaan kepada anak juga dilakukan melalui alat transportasi tradisional yang dinaiki dan pakaian adat yang dikenakan anak saat kegiatan. Pengalaman yang langsung dirasakan selama kegiatan menjadi modal awal pengetahuan anak untuk didiskusikan dan dibuat kegiatan bersama di ruang kelas sebagai implementasi Kurikulum Merdeka yang sekarang diterapkan di sekolah. 

Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari FIP UNY, Tim Pengembang Laboratorium, Guru, Komite dan seluruh orangtua/ wali siswa, Polsek Mantrijeron, dan Paguyuban Andong Bantul. (Ldm)

 


ANDONG

TK

 

 

 

 

 

 

 

 

 


ANDONGANDONG

Kategori Berita